5 05 2016

Whoaaaa.. Kali ini mimpi yang amat kerennnn! Jadi suatu ketika saya momotoran. Rasa-rasanya sih di Bandung, berbukit-bukit, tapi gersang, jalanan juga belum diaspal.. Di mimpi sih bilangnya Sahara, mau dibilang gurun tapi tidak segersang itu sih. Di salah satu ruas jalan, ada jalan masuk kecil dihimpit dua buah bukit batu.. Di mulut jalan itu aku berhenti. Kulihat di dalamnya tanah berlapang luas. Nah aku lihat di halaman sebuah rumah kecil, seorang temanku yg bewok itu sedang mencangkul atau apa yah, mendorong tanah.. Sulit sekali kelihatannya, karena kondisinya tanah berbatuan. Aku hampiri dan bertanya kenapa, katanya sedang ribut sama istrinya, istrinya baru mau pulang kalau ada danau atau sungai atau perairan di halaman rumahnya.
Aku bilang, tidak mungkin. Dia bilang, walau begitu dia harus berusaha. Aku mengusulkan, coba pakai teknologi kah, alat berat atau alat bantu apa saja. Karena jaman legenda dahulu Sangkuriang dan Bandung Bondowoso saja menggunakan bantuan untuk melakukan hal yang mustahil. Entah, temanku ini bilang tidak mau, karena kasusnya tidak semustahil itu.. Tidak ada syarat satu malam harus jadi.
Tidak lama, salju turun. Iya, salju benaran. (benaran apaan sekarang baru sadar sedang ceritakan mimpi heuheu). Aku tahu, kami berdua belum pernah melihat salju, paling tidak aku sendiri, mungkin temanku ini sudah pernah, yah mungkin d lingkungan rumahnya ini juga. Kami sudah lama tidak bertemu. Selagi salju turun, dia tetap bekerja.. Sampai akhirnya salju berhenti. Tanah tertutup lapisan salju. Pepohonan hijau di halaman rumahnya tertutup salju. Indah sekali. Lalu aku mengambil ponselku di motor, mau minta tolong fotokan saya di depan pohon bersalju. Rencananya mau kupasang di sosmed dengan tulisan, “Wah, baru tahu nih di Sahara juga sekarang turun salju!”
Tapi setelah melihat temanku, aku jadi mengurungkan minta tolong difoto. Aku berdiri di depan pohon. Dan pelan pelan salju mencair. Aku melihat gunung-gunung mengelilingi tempat tinggi ini dari kejauhan.. Mungkin seperti kita berdiri di atas Gedung BRI di Asia Afrika Bandung dan melihat sekelilingnya.. Gunung-gunung putih karena diselimuti salju. Keren. Dan putih itu lama-lama bergradasi ke warna hijau, pepohonan. Indah sekali..
Kulihat salju di halaman rumahnya juga mencair, membentuk aliran air. Kubilang, kalah di depan rumahnya sudah ada sungai sekarang 😆. Tapi dia menjawab dengan lesu, “tapi mungkin bukan begini yang dia mau..”
Ah perempuan apakah serumit itu.. Atau pikiran kita yang sebenarnya rumit juga.
Hari semakin gelap dari balik pohon datanglah seorang perempuan. Ternyata tetangganya. Dia memanggil temanku ke rumahnya. Temanku memaksa aku ikut juga, padahal aku sudah pamit. Jarak ke rumah tetangganya kira-kira 100 meter, di balik bukit kecil.. Dan di atas batu karang. Kami naik, dan duduk di teras yg luas, dengan atap rumbia yang panjang. Nyaman, dan pemandangan yang juga indah.. Kelap kelip bintang bersahutan dengan kelap kelip rumah di gunung sekeliling.. Lalu teman saya bilang, perempuan tadi yang mau dia kenalkan. Dan saya merasa terjebak.. Untungnya tidak lama, dan saat meninggalkan rumah mereka, perempuan tadi memberikan kertas, seraya berkata nanti hubungi (misscall) yah. Dalam perjalanan kembali ke rumah teman, kubuka kertas tadi, isinya nomor ponsel, ditulis dengan tinta merah tebal, mungkin lipstik? Tapi aku tidak ingat angkanya.
Kudengar musik sebelum lonceng gereja berdentang berkumandang, dan aku terbangun lalu lonceng gereja berdentang enam kali menandakan sekarang sudah pukul 06:00 WIT di kehidupan nyata. Hari libur di hari kelima bulan kelima tahun dua ribu enam belas.

Selamat Hari Kenaikan Yesus Kristus bagi yang merayakan. Dan selamat berlibur bagi yang liburan.

View on Path


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: